Aku hanyalah seorang gadis yang tidak pandai merangkai kata-kata menjadi untaian kalimat indah dan nikmat untuk dibaca... Percaya?
:))

Let me be the one... (SS501)

Sabtu, Februari 13, 2010

Transfiguration Class, First Grade

Pengen banget mendokumentasikan hasil jerih payahku di BTM *halah* :p
So, tugas-tugas di sana kuposting di sini :)

BOLEH DICOPY-PASTE, TAPI HARAP CANTUMKAN LINK BLOG INI SEBAGAI CREDIT. THANKS :)

1. Gamp's Law of Elemental Transifiguration*
Terdapat empat hukum dalam Transfigurasi Elemental, yaitu:
a. Benda hidup
Suatu objek yang semula tak bernyawa dapat diberi kehidupan dengan Transfigurasi. Namun, kehidupan itu bersifat terbatas dan akan menghilang seiring berlalunya waktu.
b. Transfigurasi diri sendiri
Penyihir dapat mentransfigurasi dirinya sendiri, ataupun orang lain, menjadi sesuatu yang berbeda. Akan tetapi, hal ini berbeda dengan Animagus/Metamorphagus, dan--sama seperti point a--tidak akan bertahan selamanya.
c. Transfigurasi kombinasi
Suatu benda baru dapat dibuat dari dua benda yang disatukan secara permanen dengan Transfigurasi. Dalam hal ini, syaratnya adalah dua benda tersebut haruslah sama-sama murni, masing-masing bukanlah objek hasil penyatuan oleh Transfigurasi yang lain.
d. Mantra pertukaran
Bagian-bagian tertentu pada dua benda dapat saling ditukarkan sementara. Dan lamanya efek itu bertahan adalah tergantung pada kedekatan dua benda dengan bagian yang ditukarkan tersebut.

2. Gamp's Five Principal Exceptions*
Dalam Transfigurasi, terdapat lima pengecualian dasar yang sengaja dibuat untuk mencegah niat dan akal licik penyihir yang berencana menggunakannya untuk memuaskan nafsunya sendiri ataupun menyalahgunakannya demi kepentingan pribadi semata. Dan kelima hal tersebut adalah:
a. Makanan tidak dapat diciptakan dari udara kosong
Esensinya, jika suatu makanan muncul dari udara kosong, itu berarti makanan tersebut memang sudah ada kian dan penyihir yang bersangkutan hanya memanggil makanan itu untuk datang kepadanya. Selain dapat dipanggil, makanan juga dapat dilipatgandakan maupun ditransformasikan. Dengan catatan, apabila kedua hal terakhir tersebut dilakukan, nilai gizi yang terkandung di dalam makanan itu sendiri bisa berkurang ataupun hilang sama sekali, tergantung pada besarnya perubahan yang diberikan, juga pada banyaknya efek yang ditimbulkan.
b. Uang tidak bisa dimunculkan ataupun dibuat, juga tak bisa mengganti denomasi menjadi lebih berharga
Adalah sesuatu yang berbahaya jika uang dapat dimunculkan begitu saja ataupun dibuat dari tumpukan sampah yang telah disihir. Hal itu tentu akan mengganggu kestabilan perekonomian dan membuat uang menjadi tak bernilai lagi karena setiap penyihir bisa dengan mudah mendapatkannya. Maka karena itulah uang menjadi salah satu dari lima pengecualian dasar ini. Penyalahgunaan yang tetap nekat dilakukan oleh penyihir tak bertanggungjawab pada suatu objek, masih dapat dibuktikan dengan mantra penimbul bekas sihir, misalnya Specialis Revelio.
c. Cinta tidak bisa dibuat
Pada hakikatnya, cinta adalah sesuatu yang alamiah, tidak dapat dibuat dengan sihir apapun. Namun, cinta masih bisa "dipaksakan" dengan ramuan tertentu dan salah satu Kutukan Tak Termaafkan (Kutukan Imperius). Cinta semu ini akan bertahan jika, dan hanya jika, ramuan ataupun kutukan tersebut tetap dilancarkan pada target yang bersangkutan.
d. Yang telah mati tidak bisa dihidupkan kembali
Tidak ada suatu sihir manapun yang bisa memberikan nyawa kedua bagi orang yang telah meninggal. Kalaupun ada sihir yang digunakan, itu hanya sebatas menggerakkan mayat tersebut untuk bertindak sesuai keinginan penyihir yang memantrainya. Inferi (mayat yang digerakkan) tetap mati dan tidak memiliki kehidupan sendiri.
e. Tempat perlindungan dan tanah tidak dapat dibuat
Sesuatu yang tidak ada, tidak dapat ditambah jumlahnya maupun dibuat begitu saja. Perubahan bentuk dan warna adalah batas penggunaan Transfigurasi itu sendiri.

*Point-pointnya sengaja dipertahankan karena Law dan Principal bersifat ketetapan, tidak dapat dirubah. Hanya penjelasannya yang menggunakan kata-kata sendiri.

3. Orang pertama yang dipercaya melakukan Transfigurasi adalah Belvaius. Penyihir tua anti-sosial yang eksentrik ini menghidupkan ukiran buatannya dengan mantra Conjurus Incarceous menjadi makhluk berbahaya yang mengacau kota dekat bukit tempat tinggalnya.

4. Benda yang ditransfigurasikan akan mengalami perubahan DNA, massa, maupun nilai dasar lainnya yang terkandung pada benda tersebut. Namun, sebagian besar dari hasil transfigurasi tersebut tidak bersifat permanen. Hanya pada kasus tertentu yang bisa bertahan lama (poit c, Gamp's Law of Elemental Transifiguration).

5. Beberapa penyihir dari sejarah yang menggunakan Transfigurasi adalah:
a. Belvaius
Menghidupkan ukirannya menjadi makhluk yang berbahaya dan mengacaukan kota dekat bukit tempat tinggalnya.
b. Circe Yunani Kuno
Mengubah pelaut yang tersesat menjadi babi, untuk mengantarkan mereka.
c. Mirabella Plunkett
Karena dimabuk cinta dengan manusia duyung di Loch Lomend dan ditentang keluarganya, dia mentransfigurasi dirinya menjadi ikan dan menghilang.
Tambahan:
Sebenarnya masih ada Falco Aesalon (penyihir Yunani Kuno dan animagus pertama) dengan falcon sebagai animagusnya dan Morgan Le Fey (ratu penyihir) yang memiliki animagus burung. Tapi bukankah Transfigurasi dan Animagus tersebut berbeda?


0 komentar: