Aku hanyalah seorang gadis yang tidak pandai merangkai kata-kata menjadi untaian kalimat indah dan nikmat untuk dibaca... Percaya?
:))

Let me be the one... (SS501)

Sabtu, Februari 13, 2010

Astronomy Class, First Grade

BOLEH DICOPY-PASTE, TAPI HARAP CANTUMKAN LINK BLOG INI SEBAGAI CREDIT. THANKS :)

Kelompok:
KIM STELLA (asrama RAVENCLAW)
MIWAKO HAKUBA (asrama GRYFFINDOR)
VINCENT GASPARD (asrama SLYTHERIN)
Soal yang dikerjakan: ASTROLOGI

ASTROLOGI

Astrologi menunjuk pada sistem pengetahuan akan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit seperti matahari, bulan, planet, dan lunar node yang diterjemahkan dan dipercaya berkaitan erat dengan karakteristik maupun nasib kehidupan seseorang ataupun peristiwa tertentu. Adapun berbagai bentuk Astrologi diantaranya adalah:
Astrologi Barat—pembacaan garis kehidupan seseorang berdasarkan zodiak.
Astrologi Tiongkok—penilikan nasib masa akan datang bangsa Tiongkok kuno dengan menggunakan apa yang dinamakan sepuluh batang langit dan dua belas cabang bumi dalam penanggalan mereka. Bila diperhatikan dengan seksama, di balik masing-masing batang langit dan cabang bumi itu terdapatlah lima unsur (kayu, tanah, api, air, logam) yang dipadukan dengan polaritas yin dan yang.
Jyotish (Astrologi Weda)—ilmu astrologi dalam Hindu, yang merupakan salah satu bagian dari Wedangga, dan juga dikenal sebagai ilmu perbintangan kuno yang paling tua, yang memberi pengaruh terhadap ilmu-ilmu perbintangan lainnya di India.
Astrologi Kabbalistik—sebuah bentuk asoterik dari mistisisme Yahudi yang berupaya untuk menyingkap pengertian-pengertian mistis yang terselubung berkaitan dengan Tanakh.
Astrologi Horary—cabang kuno astrologi yang menggunakan penelaahan rangkaian horoskop untuk menjawab pertanyaan.
Sementara itu, beberapa Astrolog ternama diantaranya adalah Tycho Brahe, Galileo Galilei, Hipparchus, Ibn Yunus, Johannes Kepler, Peurbach, Ptolemy, Regiomontanus.

Ramalan astrologi didasarkan pada kedudukan benda-benda tatasurya di dalam zodiak. Seseorang akan menyandang tanda zodiaknya berdasarkan kedudukan matahari di dalam zodiaknya pada tanggal kelahirannya. Misalnya orang yang lahir awal Desember akan berzodiak Sagitarius, karena pada tanggal tersebut matahari berada di wilayah rasi bintang Sagitarius. Kedudukan matahari sendiri dibedakan antara waktu tropikal dan waktu sideral yang menyebabkan terdapat dua macam zodiak, yaitu zodiak tropikal dan zodiak sideral. Sebagian besar astrologer Barat menggunakan zodiak tropikal.

Keistimewaan dari keduabelas zodiak dibanding rasi bintang lainnya adalah semuanya berada di wilayah langit yang memotong lingkaran ekliptika. Dan rasi-rasi bintang tersebut adalah:
1. Capricornus (Kambing Laut)—matahari berada di depan rasi ini selama 21 Jan – 16 Feb (26 hari).
2. Aquarius (Pembawa Air)—matahari berada di depan rasi ini selama 16 Feb – 11 Mar (24 hari).
3. Pisces (Ikan) —matahari berada di depan rasi ini selama 11 Mar – 18 Apr (38 hari).
4. Aries (Domba) —matahari berada di depan rasi ini selama 18 Apr – 13 Mei (25 hari).
5. Taurus (Kerbau) —matahari berada di depan rasi ini selama 13 Mei – 22 Jun (40 hari).
6. Gemini (Si Kembar )—matahari berada di depan rasi ini selama 22 Jun – 21 Jul (29 hari).
7. Cancer (Kepiting )—matahari berada di depan rasi ini selama 21 Jul – 10 Ags (20 hari).
8. Leo (Singa )—matahari berada di depan rasi ini selama 10 Ags – 16 Sep (37 hari).
9. Virgo (Gadis Perawan)—matahari berada di depan rasi ini selama 16 Sep – 31 Okt (45 hari).
10. Libra (Timbangan)—matahari berada di depan rasi ini selama 31 Okt – 23 Nov (23 hari).
11. Scorpius (Kalajengking)—matahari berada di depan rasi ini selama 23 Nov – 18 Des (25 hari).
12.Sagitarius (Si Pemanah)—matahari berada di depan rasi ini selama 18 Des – 21 Jan (34 hari).

Salah satu contoh bentuk nyata penggunaan astrologi antara lain adalah adanya ramalan bintang mingguan pada majalah-majalah Muggle. Selain itu, pada kisah kehidupan The Great Queen Seondeok, berdasarkan apa yang telah diramalkan Raja Jienheung, terbukti bahwa sampai bintang Northen Dipper berubah menjadi delapan, tidak ada satupun manusia yang mampu melawan Mishil, seorang wanita yang dipercaya mendapat karunia surgawi namun berambisi merebut tahta. Dan di lain kesempatan, pembunuhan salah satu putri kembar juga merupakan akibat ramalan bahwa Gemini (merujuk pada bintang kedelapan Northen Dipper yang kembar tersebut) akan melanggar Pisces (merujuk pada Mishil).

0 komentar: