Aku hanyalah seorang gadis yang tidak pandai merangkai kata-kata menjadi untaian kalimat indah dan nikmat untuk dibaca... Percaya?
:))

Let me be the one... (SS501)


Senin, Februari 15, 2010

Spring in London



Ilana Tan
Harga : Rp 39.000,-
Ukuran : 13.5 x 20 cm
Tebal : 240 halaman
Terbit : Februari 2010
Soft Cover


Gadis itu tidak menyukainya. Kenapa?

Astaga, ia—Danny Jo—adalah orang yang baik. Sungguh! Ia selalu bersikap ramah, sopan dan menyenangkan. Lalu kenapa Naomi Ishida menjauhinya seperti wabah penyakit? Bagaimana mereka bisa bekerja sama dalam pembuatan video musik ini kalau gadis itu mengacuhkannya setiap saat? Kesalahan apa yang sudah dia lakukan?

Bagaimanapun juga Danny bukan orang yang gampang menyerah. Ia akan mencoba mendekati Naomi untuk mencari tahu alasan gadis itu memusuhinya.

Tetapi ada dua hal yang tidak diperhitungkan Danny. Yang pertama adalah kemungkinan ia akan jatuh cinta pada Naomi Ishida yang dingin, misterius, dan penuh rahasia itu. Dan yang kedua adalah kemungkinan ia akan menguak rahasia gelap yang bisa menghancurkan mereka berdua dan orang-orang yang mereka sayangi.


Sumpah!
Karya Ilana Tan memang bagus!

Dengan mengambil setting kota London (sekilas teringat lagu Changcuters, hehe), juga sedikit lokasi di Seoul and Tokyo, kali ini Ilana Tan menyuguhkan love strory dari kembarannya Keiko (tokoh utama Winter in Tokyo), yaitu Naomi—well, salah satu keistemewaan karya Ilana Tan adalah adanya kaitan antartokoh di satu novel dengan novel lainnya.

Naomi, artis Jepang yang memiliki darah Indonesia turunan dari neneknya, suatu hari dihadapkan pada situasi dimana dia harus bekerja sama dengan seorang pemuda yang masih memilki hubungan erat dengan masa lalu Naomi yang kelam. Mulanya, berbagai upaya dilakukan gadis ini untuk menghindar. Namun, Danny Jo, sang model berdarah Korea, sedikit demi sedikit bisa juga meluluhkan hati Naomi yang tertutup rapat. Sayangnya, di saat keduanya mulai menyadari perasaan masing-masing, suatu kejadian yang akhirnya mengungkap rahasia Naomi akan masa lalunya, telah membuat kedua manusia ini menjadi serba salah. And.. gimana endingnya? Buruan baca sendiri aja dee ;p

Yeah, menurut beberapa orang, tema yang diangkat oleh semua novel sejenis ini tu sama and basi—kata mereka lho. Tapi menurutku, suatu hal pembeda yang mampu menyulap “hal yang basi” tersebut menjadi menarik and istimewa adalah: kekuatan pengarang dalam menuturkannya. Yup, and Ilana Tan adalah salah satu contohnya. Rangkaian kalimat yang dibangun oleh penulis misterius—sangat sulit memperoleh keterangan tentang Ilana Tan, kau tau—ini terbukti sanggup memperlihatkan emosi dalam novelnya. Jujur, setiap membaca karyanya (Summer in Seoul, Autumn in Paris, Winter in Tokyo, and Spring in London), ada semacam perasaan hanyut gitu *bukan lebay yee, ini fakta* xp

So, recommended ni!! :)



Sabtu, Februari 13, 2010

Astronomy Class, First Grade

BOLEH DICOPY-PASTE, TAPI HARAP CANTUMKAN LINK BLOG INI SEBAGAI CREDIT. THANKS :)

Kelompok:
KIM STELLA (asrama RAVENCLAW)
MIWAKO HAKUBA (asrama GRYFFINDOR)
VINCENT GASPARD (asrama SLYTHERIN)
Soal yang dikerjakan: ASTROLOGI

ASTROLOGI

Astrologi menunjuk pada sistem pengetahuan akan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit seperti matahari, bulan, planet, dan lunar node yang diterjemahkan dan dipercaya berkaitan erat dengan karakteristik maupun nasib kehidupan seseorang ataupun peristiwa tertentu. Adapun berbagai bentuk Astrologi diantaranya adalah:
Astrologi Barat—pembacaan garis kehidupan seseorang berdasarkan zodiak.
Astrologi Tiongkok—penilikan nasib masa akan datang bangsa Tiongkok kuno dengan menggunakan apa yang dinamakan sepuluh batang langit dan dua belas cabang bumi dalam penanggalan mereka. Bila diperhatikan dengan seksama, di balik masing-masing batang langit dan cabang bumi itu terdapatlah lima unsur (kayu, tanah, api, air, logam) yang dipadukan dengan polaritas yin dan yang.
Jyotish (Astrologi Weda)—ilmu astrologi dalam Hindu, yang merupakan salah satu bagian dari Wedangga, dan juga dikenal sebagai ilmu perbintangan kuno yang paling tua, yang memberi pengaruh terhadap ilmu-ilmu perbintangan lainnya di India.
Astrologi Kabbalistik—sebuah bentuk asoterik dari mistisisme Yahudi yang berupaya untuk menyingkap pengertian-pengertian mistis yang terselubung berkaitan dengan Tanakh.
Astrologi Horary—cabang kuno astrologi yang menggunakan penelaahan rangkaian horoskop untuk menjawab pertanyaan.
Sementara itu, beberapa Astrolog ternama diantaranya adalah Tycho Brahe, Galileo Galilei, Hipparchus, Ibn Yunus, Johannes Kepler, Peurbach, Ptolemy, Regiomontanus.

Ramalan astrologi didasarkan pada kedudukan benda-benda tatasurya di dalam zodiak. Seseorang akan menyandang tanda zodiaknya berdasarkan kedudukan matahari di dalam zodiaknya pada tanggal kelahirannya. Misalnya orang yang lahir awal Desember akan berzodiak Sagitarius, karena pada tanggal tersebut matahari berada di wilayah rasi bintang Sagitarius. Kedudukan matahari sendiri dibedakan antara waktu tropikal dan waktu sideral yang menyebabkan terdapat dua macam zodiak, yaitu zodiak tropikal dan zodiak sideral. Sebagian besar astrologer Barat menggunakan zodiak tropikal.

Keistimewaan dari keduabelas zodiak dibanding rasi bintang lainnya adalah semuanya berada di wilayah langit yang memotong lingkaran ekliptika. Dan rasi-rasi bintang tersebut adalah:
1. Capricornus (Kambing Laut)—matahari berada di depan rasi ini selama 21 Jan – 16 Feb (26 hari).
2. Aquarius (Pembawa Air)—matahari berada di depan rasi ini selama 16 Feb – 11 Mar (24 hari).
3. Pisces (Ikan) —matahari berada di depan rasi ini selama 11 Mar – 18 Apr (38 hari).
4. Aries (Domba) —matahari berada di depan rasi ini selama 18 Apr – 13 Mei (25 hari).
5. Taurus (Kerbau) —matahari berada di depan rasi ini selama 13 Mei – 22 Jun (40 hari).
6. Gemini (Si Kembar )—matahari berada di depan rasi ini selama 22 Jun – 21 Jul (29 hari).
7. Cancer (Kepiting )—matahari berada di depan rasi ini selama 21 Jul – 10 Ags (20 hari).
8. Leo (Singa )—matahari berada di depan rasi ini selama 10 Ags – 16 Sep (37 hari).
9. Virgo (Gadis Perawan)—matahari berada di depan rasi ini selama 16 Sep – 31 Okt (45 hari).
10. Libra (Timbangan)—matahari berada di depan rasi ini selama 31 Okt – 23 Nov (23 hari).
11. Scorpius (Kalajengking)—matahari berada di depan rasi ini selama 23 Nov – 18 Des (25 hari).
12.Sagitarius (Si Pemanah)—matahari berada di depan rasi ini selama 18 Des – 21 Jan (34 hari).

Salah satu contoh bentuk nyata penggunaan astrologi antara lain adalah adanya ramalan bintang mingguan pada majalah-majalah Muggle. Selain itu, pada kisah kehidupan The Great Queen Seondeok, berdasarkan apa yang telah diramalkan Raja Jienheung, terbukti bahwa sampai bintang Northen Dipper berubah menjadi delapan, tidak ada satupun manusia yang mampu melawan Mishil, seorang wanita yang dipercaya mendapat karunia surgawi namun berambisi merebut tahta. Dan di lain kesempatan, pembunuhan salah satu putri kembar juga merupakan akibat ramalan bahwa Gemini (merujuk pada bintang kedelapan Northen Dipper yang kembar tersebut) akan melanggar Pisces (merujuk pada Mishil).

Potion Class, First Grade

BOLEH DICOPY-PASTE, TAPI HARAP CANTUMKAN LINK BLOG INI SEBAGAI CREDIT. THANKS :)

KIM STELLA
Potion Class, First Grade
RAVENCLAW

BAHAN RAMUAN

Salah satu pengetahuan dasar dan terpenting bagi seorang penyihir adalah Ramuan, yang tentunya, membutuhkan bahan tertentu dalam proses peracikannya. Dan berikut adalah beberapa contoh bahan ramuan berdasarkan klasifikasinya:

1. SOPOPHOROUS (bahan ramuan dari TUMBUHAN)
Kingdom = Plantae (tumbuhan)
Subkingdom = Tracheobionta (berpembuluh)
Superdivisio = Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisio = Magnoliophyta (berbunga)
Kelas = Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub-kelas = Rosidae
Ordo = Fabales
Familia = Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus = Pisum
Spesies = Pisum Sopophorous
Tanaman ini banyak dimanfaatkan, terutama pada biji atau kacangnya. Selain bahan untuk Ramuan Lupa, Kacang Sopophorous juga digunakan sebagai campuran dalam Ramuan Tegukan Hidup Bagai Mati yang sanggup membuat peminumnya menjadi tertidur. Sarinya diambil untuk membuat pikiran seseorang tertidur dalam-dalam dan sejenak menghilangkan ingatannya sampai tiba saatnya terbangun kembali nanti. Cara mengambil sari kacang ini dapat dilakukan dengan memotong. Namun, menggebreknya dengan belati perak akan jauh menghasilkan cairan yang lebih banyak. Perlu diperhatikan, pada saat panen, baik tangan maupun alat yang dipergunakan haruslah steril ataupun telah dibasuh dengan alkohol. Dan Kacang Sopophorous yang memiliki kadar air lebih rendah dari sembilan persen akan memiliki daya simpan yang lebih lama.

2. BULU JUBBERKNOLL (bahan ramuan dari HEWAN)
Bulu Jubberknoll tentu berasal dari Jubberknoll, yaitu sejenis burung kecil berwarna biru dan memiliki bercak-bercak pada tubuhnya. Hewan yang memiliki KKM* XX ini suka melahap serangga dan diyakini berasal dari daerah Eropa bagian Utara, juga Amerika. Bulu mereka dipergunakan dalam Ramuan Penguat Ingatan, atau Ramuan Kecerdasan. Namun jika takarannya tidak sesuai—dalam arti berlebihan—Bulu Jubberknoll dalam ramuan yang tengah diracik justru dapat mengubah ramuan tersebut menjadi Ramuan Penghilang Ingatan, atau Ramuan Lupa. Walaupun begitu, efek yang ditimbulkan Ramuan Lupa dipercaya tidak akan seampuh efek Jampi Memori yang kuat dan dibuat hanya dengan lambaian tongkat. Dan selain dipergunakan untuk Ramuan Kecerdasan dan Ramuan Lupa, Bulu Jubberknoll juga merupakan salah satu bahan penting untuk Ramuan Kebenaran. Penyertaan Bulu Jubberknoll dalam ketiga ramuan ini (Ramuan Kecerdasan, Ramuan Lupa, dan Ramuan Kebenaran) diduga berkaitan erat dengan sifat dasar burung Jubberknoll itu sendiri. Sepanjang hidupnya, Jubberknoll tidak bersuara sampai tiba saatnya dimana mereka harus mati. Pada titik itulah, mereka akan memperdengarkan jeritan panjang yang terdiri atas setiap suara yang pernah mereka dengar selama hidup. Jubberknoll akan memuntahkan semuanya dalam urutan terbalik.
*Klasifikasi Kementerian Sihir

3. BELLADONNA (bahan ramuan BERACUN)
Belladonna memiliki nama lain, diantaranya: Devil’s Cherries, Naughty Man’s Cherries, Divale, Black Cherry, Devil’s Herb, Great Morel, dan Dwayberry. Penyebaran tanaman beracun ini meliputi Eropa bagian Tengah dan Selatan. Sementara di Inggris, Belladonna termasuk tanaman yang tidak mudah diperoleh. Mereka biasanya hanya dapat ditemukan di tempat tandus, lubang-lubang galian, dan di daerah reruntuhan bangunan lama. Belladonna mempunyai akar dengan panjang sekitar enam inchi atau lebih, tebal berdaging dan agak putih, serta bercabang. Dahannya yang tebal berwarna keunguan dan menyatu pada dasarnya yang bercabang tiga—sangat jarang yang bercabang dua atau empat. Daunnya yang berbentuk oval dengan ujung yang tajam, terlihat begitu rapuh dan berwarna hijau gelap deangan ukuran yang tidak sama, yaitu sekitar tiga sampai sepuluh inchi. Pada bagian yang lebih rendah pada dahan, daun-daun biasanya hanya satu. Sedangkan pada dahan yang lebih tinggi, daunnya berpasangan. Belladonna yang berumur setahun biasanya hanya memiliki tinggi satu setengah kaki. Namun, pada tanaman yang lebih tua, tingginya bisa mencapai tiga sampai lima kaki dengan daun yang tumbuh kira-kira satu atau dua kaki dari tanah. Jika dihancurkan, Belladonna yang masih segar akan mengeluarkan bau busuk yang bisa hilang ketika dikeringkan. Daunnya sendiri berasa pahit, baik ketika segar maupun kering. Memasuki bulan Juni dan Juli, Belladonna berbunga dan semakin mekar sampai awal September. Saat itu, Belladonna berwarna ungu gelap kotor dan sedikit hijau, cukup besar, berbentuk seperti lonceng, dan berkerut. Pada celah-celahnya tumbuh berry kecil yang akan matang pada bulan September. Buar berry ini berukuran seperti cherry kecil dan berwarna gelap dengan sari seperti tinta. Manis, namun sangat beracun. Gejala khusus dari keracunan Belladonna adalah menghilangnya suara serta kontrol atas tangan dan jari, juga membesarnya pupil mata. Pada dosis kecil, Belladonna hanya akan membuat pupil mata membesar dan sensitif terhadap cahaya, kulit memerah, mulut kering, detak jantung cepat, kebingungan, sakit kepala, hiperaktif, gemetar, dan berhalusinasi. Dan di taraf ini, efek racun Belladonna masih dapat dinetralisir dengan meminum Emetic, yang memacu muntah, seperti segelas besar Vinegar hangat ataupun Mustard dan air. Namun, pada dosis tinggi, Belladonna sanggup merenggut nyawa seseorang. Dan perlu dicatat, dosis kecil Belladonna bagi anak-anak sudah cukup menyebabkan kematian. Untuk itu, takaran Belladonna yang digunakan pada ramuan tertentu harus disesuaikan agar tidak merusak khasiat dari ramuan itu sendiri. Overdosis Belladonna dapat memperlambat proses pencernaan makanan pada perut dan menimbulkan efek samping yang cukup lama.

4. CAIRAN LEDAK ERUMPENT (bahan ramuan LANGKA)
Cairan Ledak Erumpent adalah bahan dasar guna membuat Ramuan Peledak. Erumpent sendiri merupakan hewan bertubuh besar dari Afrika yang memiliki bobot lebih dari satu ton. Dari kejauhan, mereka sering disangka badak karena kulitnya yang berwarna kelabu. Dan kulit Erumpent tersebut terkenal karena kemampuannya menolak mantra-mantra dan kutukan. Erumpent, berdasarkan Klasifikasi Kementerian Sihir, sangat berbahaya serta membutuhkan pengetahuan khusus dan penanganan ahli. Cairan maut pada tanduknya akan meledakkan apapun yang ditembusnya—tanduk Erumpent mampu menembus kulit sampai metal. Selain itu, kekuatan super mereka dapat mematikan lawan yang telah membuatnya marah. Oleh karenanya, sangatlah sulit untuk memperoleh Cairan Ledak Erumpent. Penyihir bisa saja terbunuh sebelum sempat memperoleh cairan maut tersebut dari tanduk Erumpent. Walaupun begitu, segala sesuatu yang berasal dari Erumpent masih diklasifikasikan sebagai Benda-Benda yang Boleh Diperdagangkan Kelas B, yang berarti, bisa diperdagangkan di bawah pengawasan yang ketat, meskipun berbahaya dan tergolong langka di pasaran.

5. MANDRAKE (bahan ramuan PENYEMBUH)
Mandrake, atau Mandragora, merupakan tanaman asli yang hidup di kawasan sihir dan mustahil dijumpai pada kebun belakang rumah Muggle. Tanaman ini memiliki akar berbentuk manusia, dan menyerupai kepala bayi sewaktu masih muda. Dan tangisannya, bisa membuat tuli maupun pingsan, dan bahkan mematikan jika mereka sudah dewasa. Untuk itu, disarankan mengenakan penutup telinga yang rapat ketika menghadapi mereka. Kulit Mandrake sendiri berwarna pucat kehijauan dan bebercak-bercak dengan daun hijau keunguan. Saat Mandrake mulai berjerawat dan saling bergosip serta berpindah pot sendiri, itu pertanda Mandrake sudah dewasa dan siap diolah, diambil batangnya atau akarnya untuk dibuat jus. Mandrake diperlukan dalam meracik Mandrake Restorative Draught yang merupakan antidot ampuh untuk mengembalikan orang-orang yang membatu kembali normal.


Transfiguration Class, First Grade

Pengen banget mendokumentasikan hasil jerih payahku di BTM *halah* :p
So, tugas-tugas di sana kuposting di sini :)

BOLEH DICOPY-PASTE, TAPI HARAP CANTUMKAN LINK BLOG INI SEBAGAI CREDIT. THANKS :)

1. Gamp's Law of Elemental Transifiguration*
Terdapat empat hukum dalam Transfigurasi Elemental, yaitu:
a. Benda hidup
Suatu objek yang semula tak bernyawa dapat diberi kehidupan dengan Transfigurasi. Namun, kehidupan itu bersifat terbatas dan akan menghilang seiring berlalunya waktu.
b. Transfigurasi diri sendiri
Penyihir dapat mentransfigurasi dirinya sendiri, ataupun orang lain, menjadi sesuatu yang berbeda. Akan tetapi, hal ini berbeda dengan Animagus/Metamorphagus, dan--sama seperti point a--tidak akan bertahan selamanya.
c. Transfigurasi kombinasi
Suatu benda baru dapat dibuat dari dua benda yang disatukan secara permanen dengan Transfigurasi. Dalam hal ini, syaratnya adalah dua benda tersebut haruslah sama-sama murni, masing-masing bukanlah objek hasil penyatuan oleh Transfigurasi yang lain.
d. Mantra pertukaran
Bagian-bagian tertentu pada dua benda dapat saling ditukarkan sementara. Dan lamanya efek itu bertahan adalah tergantung pada kedekatan dua benda dengan bagian yang ditukarkan tersebut.

2. Gamp's Five Principal Exceptions*
Dalam Transfigurasi, terdapat lima pengecualian dasar yang sengaja dibuat untuk mencegah niat dan akal licik penyihir yang berencana menggunakannya untuk memuaskan nafsunya sendiri ataupun menyalahgunakannya demi kepentingan pribadi semata. Dan kelima hal tersebut adalah:
a. Makanan tidak dapat diciptakan dari udara kosong
Esensinya, jika suatu makanan muncul dari udara kosong, itu berarti makanan tersebut memang sudah ada kian dan penyihir yang bersangkutan hanya memanggil makanan itu untuk datang kepadanya. Selain dapat dipanggil, makanan juga dapat dilipatgandakan maupun ditransformasikan. Dengan catatan, apabila kedua hal terakhir tersebut dilakukan, nilai gizi yang terkandung di dalam makanan itu sendiri bisa berkurang ataupun hilang sama sekali, tergantung pada besarnya perubahan yang diberikan, juga pada banyaknya efek yang ditimbulkan.
b. Uang tidak bisa dimunculkan ataupun dibuat, juga tak bisa mengganti denomasi menjadi lebih berharga
Adalah sesuatu yang berbahaya jika uang dapat dimunculkan begitu saja ataupun dibuat dari tumpukan sampah yang telah disihir. Hal itu tentu akan mengganggu kestabilan perekonomian dan membuat uang menjadi tak bernilai lagi karena setiap penyihir bisa dengan mudah mendapatkannya. Maka karena itulah uang menjadi salah satu dari lima pengecualian dasar ini. Penyalahgunaan yang tetap nekat dilakukan oleh penyihir tak bertanggungjawab pada suatu objek, masih dapat dibuktikan dengan mantra penimbul bekas sihir, misalnya Specialis Revelio.
c. Cinta tidak bisa dibuat
Pada hakikatnya, cinta adalah sesuatu yang alamiah, tidak dapat dibuat dengan sihir apapun. Namun, cinta masih bisa "dipaksakan" dengan ramuan tertentu dan salah satu Kutukan Tak Termaafkan (Kutukan Imperius). Cinta semu ini akan bertahan jika, dan hanya jika, ramuan ataupun kutukan tersebut tetap dilancarkan pada target yang bersangkutan.
d. Yang telah mati tidak bisa dihidupkan kembali
Tidak ada suatu sihir manapun yang bisa memberikan nyawa kedua bagi orang yang telah meninggal. Kalaupun ada sihir yang digunakan, itu hanya sebatas menggerakkan mayat tersebut untuk bertindak sesuai keinginan penyihir yang memantrainya. Inferi (mayat yang digerakkan) tetap mati dan tidak memiliki kehidupan sendiri.
e. Tempat perlindungan dan tanah tidak dapat dibuat
Sesuatu yang tidak ada, tidak dapat ditambah jumlahnya maupun dibuat begitu saja. Perubahan bentuk dan warna adalah batas penggunaan Transfigurasi itu sendiri.

*Point-pointnya sengaja dipertahankan karena Law dan Principal bersifat ketetapan, tidak dapat dirubah. Hanya penjelasannya yang menggunakan kata-kata sendiri.

3. Orang pertama yang dipercaya melakukan Transfigurasi adalah Belvaius. Penyihir tua anti-sosial yang eksentrik ini menghidupkan ukiran buatannya dengan mantra Conjurus Incarceous menjadi makhluk berbahaya yang mengacau kota dekat bukit tempat tinggalnya.

4. Benda yang ditransfigurasikan akan mengalami perubahan DNA, massa, maupun nilai dasar lainnya yang terkandung pada benda tersebut. Namun, sebagian besar dari hasil transfigurasi tersebut tidak bersifat permanen. Hanya pada kasus tertentu yang bisa bertahan lama (poit c, Gamp's Law of Elemental Transifiguration).

5. Beberapa penyihir dari sejarah yang menggunakan Transfigurasi adalah:
a. Belvaius
Menghidupkan ukirannya menjadi makhluk yang berbahaya dan mengacaukan kota dekat bukit tempat tinggalnya.
b. Circe Yunani Kuno
Mengubah pelaut yang tersesat menjadi babi, untuk mengantarkan mereka.
c. Mirabella Plunkett
Karena dimabuk cinta dengan manusia duyung di Loch Lomend dan ditentang keluarganya, dia mentransfigurasi dirinya menjadi ikan dan menghilang.
Tambahan:
Sebenarnya masih ada Falco Aesalon (penyihir Yunani Kuno dan animagus pertama) dengan falcon sebagai animagusnya dan Morgan Le Fey (ratu penyihir) yang memiliki animagus burung. Tapi bukankah Transfigurasi dan Animagus tersebut berbeda?